Tuesday 1 July 2014

Perangkat CCTV

cctv
Sumber gambar dari google
CCTV adalah singkatan dari kata Closed Circuit Television, yang artinya menggunakan sinyal yang bersifat tertutup atau rahasia. tidak seperti televisi biasa pada umumnya yang merupakan broadcast signal.

CCTV pada umumnya digunakan untuk pelengkap sistem keamanan dan juga banyak dipergunakan di berbagai lokasi seperti bandara, kemiliteran, kantor, pabrik, dan toko. Bahkan semakin berkembangnya teknologi, dan semakin murah harga perlengkapan CCTV, saat ini CCTV sudah dipasang dalam lingkungan rumah pribadi.

CCTV terdiri dari beberapa bagian/ perangkat, yaitu sebagai berikut :

1. Kamera CCTV
jenis kamera cctv
Sumber gambar dari google

Kamera CCTV ini berfungsi sebagai alat pengambil gambar.
Ada beberapa tipe kamera yang membedakan dari segi kualitas, penggunaan dan fungsinya 2 hal yang paling utama adalah, camera CCTV analog dan Camera CCTV Network dimana kamera analog menggunakan satu solid kable untuk setiap kamera yang berarti, setiap kamera akan harus terhubung ke DVR atau system secara langsung sedangkan Camera Network atau yang biasa di sebut IP Kamera, bisa menggunakan jaringan yang berarti akan menghemat dari segi installasi karena network bersifat pararel dan bercabang tidak memerlukan satu kabel khusus untuk tiap kamera dalam pengaksesannya.

2. DVR (Digital Video Recorder) 
dvr
Sumber gambar dari google

DVR (Digital Video Recorder) adalah sebuah media penyimpan hasil rekaman video yang telah terpantau oleh kamera CCTV. Besar kecilnya kapasitas penyimpanan hasil rekaman tergantung pada harddisk yang terpasang (pada umumnya 160 Gygabyte, namun adapula yang diupgrade hingga 1 Terabyte). Hasil rekaman video tersebut ada yang berformat QCIF, MPEG-4 dan avi. Dan biasanya input DVR terdiri dari 4, 8, 16 dan 32 channel kamera. Alat ini dapat disambungkan langsung ke televisi untuk melihat tampilan gambarnya. Selain itu juga dapat disambungkan ke router, jadi bisa melihat melalui computer yang terhubung ke jaringan internet dan untuk Local Area Network (LAN) kebeberapa komputer di dalam area.

3. Hard Disk
harddisk
Sumber gambar dari google

Merupakan media penyimpanan hasil rekaman dari kamera CCTV. Posisi pasang di dalam DVR, semakin besar kapasitas Hard Disk, maka akan semakin lama anda dapat merekam hasil video kamera CCTV. Besarnya kapasitas Hard Disk yang bisa digunakan untuk menyimpan data dari 500 GB – 2 TB.

4. NVR (Network Video Recording)
nvr
Sumber gambar dari google

NVR adalah alat perekam berbasis Network atau jaringan yang digunakan untuk merekam hasil gambar yang dikirim dari IP Camera. NVR sering salah di artikan sebagai DVR, karena fungsi kedua alat ini hampir sama, yaitu sebagai media penyimpanan rekaman video dalam format digital. Dan seperti halnya juga DVR, hasil rekaman dapat diakses via jaringan sehingga memungkinkan terjadinyan proses monitoring dari komputer, dan gadget lainnya.

5. Adaptor
adaptor cctv
Sumber gambar dari google

Adaptor adalah perangkat yang digunakan untuk menyuplai tegangan listrik ke kamera CCTV. Adaptor yang digunakan untuk kamera CCTV umumnya bertegangan 12 Volt DC. Namun ada juga yang menggunakan tegangan 24 Volt (AC) dan 24 Volt (DC). Hal ini tergantung pada jenis kamera yang digunakan.

6. Coaxial Cable
coaxial kabel

Fungsi kabel coaxial adalah untuk menghantarkan signal video dari kamera CCTV ke DVR, dan dari DVR ke monitor. Ada beberapa type kabel coaxial, yaitu RG-59, RG-6, dan RG-11.

7. Power Cable
kabel cctv
Sumber gambar dari google

Kabel power ini digunakan untuk memasok tegangan listrik ke adaptor kamera CCTV. selain itu juga diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang ada tidak cukup panjang untuk mencapai sumber listrik terdekat. Biasanya tipe kabel power yang digunakan adalah NYA ataupun NYM. Untuk instalasi kabel power ini sebaiknya juga menggunakan pipa high impact conduit.

8. BNC (Bayonet Neill Concelman) connector 
bnc

adalah tipe konektor RF yang pada umumnya dipasang pada ujung kabel coaxial, sebagai penghubung dengan kamera CCTV dan alat perekam (DVR) maupun secara langsung ke monitor CCTV.

9. Monitor CCTV
monitor
Sumber gambar dari google

Monitor CCTV ada yang masih menggunakan tabung CRT dan adapula yang menggunakan LCD. Monitor tersebut dapat menampilkan keseluruhan gambar dari kamera sesuai inputan ke DVR maupun Multiplexser.

Sekian postingan dari saya, smoga bermanfaat.

BERLANGGANAN ARTIKEL DARI EDDY SERVICE - GRATIS !
Silahkan masukan email Anda pada form di bawah ini, kemudian konfirmasi dengan mengisi captcha, setelah itu buka email Anda, dan klik link aktifasinya.