Thursday 2 May 2013

Cara Mudah Belajar Elektronika Dasar

belajar elektronika
Sumber gambar dari google
Elektronika merupakan salah satu ilmu tehnik yang sangat menarik untuk dipelajari, bagaimana tidak dari beberapa komponen yang ukurannya kecil-kecil kemudian digabungkan / dirangkai bisa menjadi suatu perangkat yang berguna seperti radio, amplifier, sirine, bel dan lain-lain.

Tak heran jika kemudian banyak orang yang menyukai elektronika baik dijadikan sebagai hobi terutama bagi kalangan pemuda atau bahkan dijadikan profesi. Pertanyaannya sulitkah belajar elektronika? Saya rasa tidak terbukti saya mampu mencernanya walaupun saat itu masih SMP dan bahkan pelajaran elektronika hanya sebagai pelajaran ekstra sehingga jam belajarnya terbatas. 

Kalau Jaman sekarang Belajar elektronika dasar tidak perlu harus ke sekolah dan diajari oleh guru secara langsung. Kenapa? Karena sekarang sudah jamannya belajar mandiri. Kita bisa belajar melalui buku-buku yang telah banyak beredar sekarang ini. Kemudian yang paling mengasyikan ialah mempelajarinya melalui internet. Karena melalui media internet kita tidak hanya bisa mendapatkan materi yang ingin kita pelajari, tapi juga bisa berinteraksi dengan bertanya-tanya lebih lanjut untuk memperdalam  ilmu.

Berikut ini langkah-langkah Mudah Belajar Elektronika Dasar yang bisa anda coba:

1.Tumbuhkan minat. 
Karena dengan minat yang kuat anda akan lebih mudah untuk belajar memahami elektronika bukan karena paksaan namun karena benar-benar ingin bisa.

2.Rajin membaca buku dan browsing internet.
Belajar elektronika secara otodidak bisa anda lakukan dengan membaca buku-buku tentang elektronika dan browsing internet. Usahakan mempelajari yang bersifat dasar dulu yang membahas komponen, cara merakit, cara menggunakan multimeter, menguji komponen dan lain-lain.

buku belajar elektronika
buku belajar elektronika

3.Membeli peralatan pokok elektronika.
Belajar elektronika sangat membutuhkan peralatan pendukung. Untuk tingkat dasar minimal harus memiliki solder dan timah, multimeter, tang dan obeng.

Baca artikel lainnya : peralatan kerja elektronika

4.Praktek langsung.
Ilmu tehnik seperti elektronika untuk bisa menguasainya tidak cukup hanya membaca teorinya saja namun yang lebih penting adalah praktek langsung. Lebih baik lagi prakteknya didampingi orang yang ahli elektronika.

5.Bergaul dengan orang yang ahli elektronika.
Cara yang menurut saya paling efektif untuk belajar elektronika adalah bergaul dengan orang yang sudah menguasai elektronika minimal sudah bisa merakit. Dengan cara ini saya yakin anda lebih cepat menguasai elektronika.

6.Magang ditempat service.
Jika anda sudah menguasai dasar-dasar elektronika untuk meningkatakan keahlian terutama dalam bidang perbaikan perangkat elektronik (Service) anda bisa mencoba magang ditempat service karena untuk bisa menjadi ahli/mahir memerlukan jam terbang/pengalaman yang banyak atau sering menemui trouble and shooting.

Jika anda memang berminat belajar elektronika kenapa tidak segera anda lakukan? Yakinlah anda pasti bisa! 

BERLANGGANAN ARTIKEL DARI EDDY SERVICE - GRATIS !
Silahkan masukan email Anda pada form di bawah ini, kemudian konfirmasi dengan mengisi captcha, setelah itu buka email Anda, dan klik link aktifasinya.