Sunday 1 June 2014

Perangkat Parabola

Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radiotelevisi, data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik
Bagi sobat yang masih asing dengan parabola, mengetahui komponen utama parabola merupakan sebuah wawasan pembuka untuk lebih memahami perangkat penerimaan sinyal siaran TV ini. 

A. Perangkat utama parabola :

1. Dish.
dish parabola

Dish atau piringan parabola adalah antena bulat yang dipasang di luar rumah, manfaatnya sebagai perangkat yang berfungsi mengumpulkan sinyal-sinyal yang dipancarkan oleh satelit. Ukuran dish atau piringan ini disebut feet, yang semakin besar feet-nya, semakin bagus pula kemampuan penerimaan sinyalnya.

2. LNB (Low Noise Block)
jenis LNB

Lnb adalah benda kecil yang diletakkan di tengan piringan parabola. Bentuknya seperti tutup botol besar. Alat ini berfungsi sebagai pengolah dan penguat sinyal yang ditangkap piringan parabola agar mudah diterima oleh receiver.

3. Receiver atau Decoder
receiver

receiver atau decoder merupakan perangkat seperti DVD player yang biasanya diletakkan di samping TV. Alat ini merupakan satu set perangkat elektronika yang dirancang khusus untuk mengolah sinyal  yang diterima dan diolah dish serta lnb untuk selanjutnya ditampilkan ke layar TV, baik melalui colokan RCA maupun HDMI.


B. Perangkat penunjang :

1. 22K Switch, DiSEqC, Splitter maupun Multiswitch jika anda menggunakan banyak LNBF dalam satu atau beberapa dish.
22K Switch, DiSEqC, Splitter

2. Kabel (umumnya kabel coaxial RG6 atau sejenisnya)
coaxial RG6

3. Konektor
Konektor

Jika anda menginginkan dish dapat bergerak secara otomatis agar dapat menangkap siaran tv dari beberapa satelit, maka anda harus membutuhkan perangkat:
Actuator (motor penggerak dish) dan Positioner 
Actuator dan Positioner



BERLANGGANAN ARTIKEL DARI EDDY SERVICE - GRATIS !
Silahkan masukan email Anda pada form di bawah ini, kemudian konfirmasi dengan mengisi captcha, setelah itu buka email Anda, dan klik link aktifasinya.